Pages

Senin, 01 Agustus 2016

cara beranak ikan nila ternyata mudah di areal yang terbatas

Ikan nilaku sudah beranak

Sore ini selepas pulang kerja , aq melepas penat di depan kolam buatan ku yang sudah berumur 3 bulan yang saya isi ikan nila. Sambil memberi makan ikan saya perhatikan dengan seksama ada ikan2 kecil seperti anak ikan gobi gitu. Ternyata itu merupakan anak ikan nila yang saya pelihara. Lalu dengan mendengar pendapat dari teman, ternyata anak ikan yang sudah ada di kolam agar di pisahkan segera ke luar kolam, karena di khawatirkan akan di makan oleh ikan nila yang lain.

Berikut yang saya ketahui dari pengamatan dan membaca dari berbagai sumber cara ikan nila itu beranak:
1. Proses perkawinan nila jantan dan betina di kolam
2. Setelah nila betina beranak (1 bulan dari perkawinan kalo gak salah)  ternyata anak2 nya disimpan di mulut induk betina atau jantan hingga anak nila tersebut dapat berenang dengan kuat.
3 . Kurang lebih seminggu anak ikan ada di mulut ikan ( mereka berganti2 an di masukkan dalam mulut betinan jantan dan betina)  maka anak ikan tersebut dilepas.
4. Pada saat anak ikan di lepas itulah kita coba mengambil anak2 ikan tersebut.

Proses pemeliharaan anak ikan nila
1.Dimasukkan ikan dengan air yang jernih, Kalau air yang dipakai menggunakan air PAM sebaiknya air dicampur dengan obat untuk penghilang kaporit.
2. Jika kondisi bibit ikan masih baru sebaiknya jangan di beri filter air,..karena dapat tersedot dan membuat air menjadi riak.(karena saya pernah nyoba pake filter dan ikannya ada yang mati).
3. Untuk pakan ikan nya saya kasih cacing sutra, belum tau pakan ikan yang laen. 

Moga tulisan saya yang masih pemula ini, ada berguna untuk yang lain.




Kolam nila , tempat melepas penat awak





Semoga anak ikan nila saya cepat gede yaa

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About